whatsapp: +62851-0461-2299
close
Beranda / Cerita Pasien

"Limpa asesori " disalah artikan sebagai tumor ginjal, direktur Departemen Radiologi Fuda mengoreksi tepat waktu

None

Date:2022-11-01Author:NoneFrom:#

fuda01_585146.jpg


Massa padat yang menempati ginjal kiri atas, 63x55mm, neurofibromatosis? Liposarkoma? Baru-baru ini, Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou menerima pasien, laki-laki, 28 tahun. Pasien ini merasakan ketidaknyamaan jadi melakukan pemeriksaan fisikdi rumah sakit, hasil USG Doppler warna menunjukkan ada massa di adrenal kiri dan ukurannya besar dan dibilang kemungkinan tumor. Hasil ini sangat mengagetkan dia.

Dengan suasana hati yang gelisah, pemuda itu datang ke Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou untuk berobat. Setelah opname hasil pemeriksaan USG Doppler warna menunjukkan ada massa hypoechoic di adrenal kiri, dengan batas yang jelas, echo internal yang seragam, dan perfusi darah baik di kedua ginjal. Untuk diagnosis lebih lanjut, pemuda tersebut menjalani MRI-DWI kontras pada perut bagian atas. Hasilnya limpa tidak ada, dan massa sekitar 65x52x56 mm terlihat di daerah limpa, arteri dan vena limpa terlihat jelas.

Pasien pernah mengalami kecelakaan mobil beberapa tahun yang lalu, limpa pecah dan menjalani splenektomi, Direktur Li Zhonghai dari Departemen Radiologi, berdasarkan hasil pencitraan dan riwayat medis masa lalu, percaya bahwa massa itu bukan tumor, tetapi pembesaran limpa asesori atau limpa sisa.

Apa itu limpa asesori ? Limpa adalah organ kekebalan terbesar dalam tubuh manusia, dan memiliki fungsi menyaring dan menyimpan darah. Secara umum, seseorang hanya memiliki satu limpa, tetapi ada kasus-kasus khusus, sejumlah kecil mereka memiliki limpa sekuler, yaitu, ada dua limpa, yang mirip dengan kasus payudara sekuler.

 WeChat Image_20221101165244.jpg

Limpa asesori mengacu pada jaringan yang ada di luar limpa normal dan memiliki struktur dan fungsi yang sama dengan limpa utama, memiliki suplai pembuluh darah independen, jika pasien menjalani splenektomi karena kecelakaan, limpa asesori dapat membesar secara kompensasi untuk menggantikan fungsi limpa, sehingga menghindari penurunan kekebalan tubuh setelah splenektomi dan menyebabkan komplikasi serius.

Terjadinya limpa asesori sekitar 10-30%, yang mungkin disebabkan oleh tunas limpa ektopik atau fusi yang tidak lengkap dari tunas primordial pada tahap embrionik, atau dapat berkembang setelah jaringan limpa dipisahkan dari limpa utama. Tidak seperti jaringan limpa ektopik yang disebabkan oleh kecelakan, limpa asesori adalah nodul limpa yang berkembang secara kongenital, tidak bergantung pada limpa normal. Oleh karena itu, secara umum dapat dianggap bahwa limpa asesori adalah "limpa kecil" yang muncul di bagian lain dari tubuh kelompok orang tertentu, seperti cadangan/ban serap.

95% kasus ini limpa asesori terletak di sekitar limpa, terutama hilus limpa, dan juga dapat terletak di rongga panggul dan perut, atau bahkan di dekat alat kelamin, dan mudah disalah artikan sebagai tumor kelenjar getah bening, pankreas, dan ginjal yang membesar. Tampilan sonografi umum dari massa padat di dekat hilus limpa bentuk bulat atau oval, dengan batas yang jelas, kapsul halus, dan gema seperti titik halus yang seragam didalamnya. Ada cabang vaskular yang berkomunikasi dengan arteri dan vena portal limpa.

fuda01_380495.jpg

#Limpa sekuler

fuda01_164980.jpg 

#Limpa normal 

 

Pada beberapa pasien, limpa asesori memiliki arti klinis yang penting. Sebagai "cadangan kecil" dari limpa, pasien dengan jaringan limpa fungsional yang direseksi, limpa asesori dapat mengkompensasi limpa asli yang telah diangkat, siapa tahu yang sebagai cadangan malah nanti menjadi utama.

Setelah mengetahui bahwa massanya adalah limpa tambahan dan bukan tumor, pemuda jadi tenang, berterima kasih banyak kepada staf medis, pulang dengan gembira hari itu. Li Zhonghai, direktur Departemen Radiologi, mengatakan bahwa masyarakat umum tidak perlu gugup ketika mereka menemukan kelainan pada tubuh mereka, dan harus pergi ke rumah sakit spesialis untuk menghindari kesalahan diagnosis dan menunda pengobatan.



Dr. Li Zhonghai

fuda01_815570.jpg 

Lulus dari Inner Mongolia Medical College jurusan pencitraan. Terlibat dalam profesi pencitraan selama lebih dari 30 tahun, dengan sikap kerja displin dan keterampilan profesional yang luar biasa. Dr.Li ahli dalam diagnosis pencitraan tumor dan memiliki penelitian mendalam tentang teknologi PET mirip MRI, terutama pada metastasis tumor, analisis dan evaluasi nekrosis tumor setelah perawatan invasif minimal, dan sisa tumor. Dr. Li telah menerbitkan lebih dari 10 makalah profesional, mengedit buku profesional medis seperti "Magnetic Resonance Diffusion Weighted and Fusion Images - Application in Tumor Diagnosis and Treatment", dan menyelesaikan satu proyek penelitian ilmiah regional.


  • Irreversible Electroporati..
  • Argon- Helium Cryoablasi..
  • Transarteri Kemoterapi Int..
  • Combined Immunoterapi Untu..
  • Brachyterapi..
  • Photodynamic Terapi (PDT)..
  • Microwave Hiperthermia..
Dokter Lainnya
  • RS Khusus Kanker Nasional
  • Bersertifikasi Internasional JCI
  • Pusat Cryoablasi Kanker Asia- Pasifik
  • Pusat Medis, Institut Biomedis dan Kesehatan Guangzhou, Akademik Ilmu Pengetahuan di Tiongkok