whatsapp: +62851-0461-2299
close
Beranda / Cerita Pasien

an Jarum Koalsial,Cryo-biopsi dilakukan bersamaan dalam pengobatan nodul paru

None

Date:2022-07-21Author:NoneFrom:#

WeChat Image_20220721184448.png

 

Baru-baru ini, Forum Cryo-Ablation "Melting" Stasiun Guangdong diselenggarakan secara online oleh Boston Scientific. Niu Lizhi, Presiden Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou, diundang untuk hadir dan memberi ceramah. Diskusi mendalam dan multidimensi seputar strategi pengobatan terkait cryoablasi, kasus aktual, saling berbagi pengalaman berharga, tanya jawab dalam rangka meningkatkan keterampilan praktis.

Terapi ablasi telah banyak digunakan dalam pengobatan berbagai tumor, dan mencapai hasil yang baik. Dihadapkan dengan keterbatasan lokasi dan efek heat sink, dalam beberapa tahun terakhir, cryoablation telah menarik perhatian besar di dalam dan luar negeri yang telah diterapkan pada pengobatan multi-sistem kanker paru-paru dan kanker hati. Dengan efek kuratif yang jelas, sedikit trauma, implementasi sederhana, dan pengulangan pengobatan yang sederhana, pengobatan ini telah menjadi pilihan pengobatan yang kuat untuk pengobatan kanker.

WeChat Image_20220721184452.png

Prof.Niu Lizhi berbagi kasus " Sinkronisasi Biopsi dan Cryoablasi untuk Nodul Paru". Prof.Niu Lizhi mengatakan bahwa karena tingginya morbiditas kanker paru, diagnosis dan pengobatan nodul paru juga menjadi masalah klinis umum yang telah menarik banyak perhatian. Sifat nodul paru jinak atau ganas, dimana secara klinis melalui pencitraan dokter dapat disimpulkan apakah itu jinak atau ganas , tetapi standar diagnosis tetap patologi biopsi.

WeChat Image_20220721184454.png

Nodul paru kecil sulit ditusuk. Pertama-tama, semakin kecil nodul, untuk mendapatkan jumlah jaringan biopsi yang cukup untuk diagnosis patologis yang akurat akan semakin rendah nilai diagnostik, bahkan jika patologinya negatif, hasil ini belum tentu aman. Kedua, juga dapat menyebabkan pneumotoraks atau hemotoraks... Jika hasil patologisnya ganas, reseksi bedah akan mudah meningkatkan trauma pasien. Pedoman yang relevan menunjukkan bahwa jika kondisi umum pasien baik, dan pemeriksaan pencitraan sangat dicurigai keganasan, terutama jika risiko perdarahan tusukan tinggi dalam penilaian pra operasi, cryoablasi dapat dilakukan langsung dengan adanya persetujuan pasien/keluarga dan biopsi sinkron intraoperatif atau tanpa biopsi.

 WeChat Image_20220721184456.png

Pemeriksaan fisik pasien dua tahun lalu ditemukan nodul ground-glass berukuran 1,4 cm X 1,1 cm di paru kiri. Karena tidak ada ketidaknyamanan yang nyata, pasien tidak menjalani pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Pada bulan Oktober tahun lalu, pasien menjalani pemeriksaan CT dada di rumah sakit setempat dan menemukan bahwa nodul telah tumbuh menjadi 1,6 cm X 1,2 cm. Kemungkinan tumor tidak dapat dikesampingkan. Untuk diagnosis dan pengobatan lebih lanjut, ia datang ke rumah sakit kami.

 WeChat Image_20220721184458.pngIMG_259

Setelah pasien dirawat di rumah sakit, dilakukan pemeriksaan terkait. Untuk memperjelas sifat ground glass nodule di paru kiri, mengontrol pertumbuhan nodul, dan tidak menambah beban fisik pasien, dengan persetujuan pasien dan keluarganya, Presiden Niu Lizhi melakukan biopsi dan cryoablasi pada nodul paru kiri.

Selama operasi, dengan bimbingan CT, ground glass nodule paru kiri area target tusukan, bersamaan pistol biopsi digunakan untuk menusuk area target secara perkutan. Setelah CT scan mendapatkan posisi yang tepat, 3 jaringan tumor diambil dan dikirim untuk pemeriksaan patologis.

WeChat Image_20220721184500.png

Kemudian, pisau cryo ditusuk ke area target tumor, dibekukan 10 menit dan suhu dinaikan selama 5 menit, suhu dinaikan kembali , dan kemudian dibekukan selama 10 menit lagi sebanyak 2 siklus sampai bola es menutupi area target. Dalam seluruh proses operasi, pengambilan jaringan patologis dan cryotherapy dilakukan hanya dengan sekali tusukan melewati pleura sehingga kemungkinan terjadinya pneumotoraks sangat minim.Operasi selesai sebelum saya sempat merasakan apa-apa.Pasien mengatakan hasil patologi pascaoperasi hiperplasia epitel alveolus lokal dan displasia ringan, dan tidak ditemukan kanker.

                                                           WeChat Image_20220721184502.png

Satu tindakan sudah dapat mengetahui jenis nodul dan pengobatan nodul. Prof.Niu Lizhi mengatakan bahwa masuknya jarum tusukan ke dalam lesi dapat diamati secara dinamis melalui panduan CT, tusukan mudah dioperasikan dalam pengawasan langsung, akurat dalam penempatan posisi, tampilan dinamis real-time dari seluruh proses tusukan. Penggunaan jarum koaksial nyaman untuk memperbaiki dan menyesuaikan sudut, mengurangi jumlah tusukan, mengurangi kemungkinan perdarahan, pneumotoraks dan kemungkinan terjadinya penyebaran akibat arah jarum, dan seluruh proses aman dan akurat. Pengobatan cryoablasi secara simultan dapat mengurangi kerusakan pada tubuh pasien dan menghindari tusukan sekunder dan kegagalan operasi karena komplikasi.

WeChat Image_20220721184504.png

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pasien dengan nodul paru semakin meningkat. Setiap kali membuka laporan medis, kata-kata seperti berbagai nodul paru dan nodul kaca sangat menakutkan. Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhoumengembangkan teknik terbaru dan peralatan teknologi medis canggih  dalam pencitraan untuk mendukung akuisisi klinis, dan pada saat yang sama memberikan bantuan untuk perumusan klinis rencana pengobatan, dimana sejumlah besar pasien yang tidak dapat mentolerir pengobatan bedah dapat mengambil manfaat dari pengobatan ini.

IMG_267

 

IMG_268
IMG_269IMG_270

 

 


  • Irreversible Electroporati..
  • Argon- Helium Cryoablasi..
  • Transarteri Kemoterapi Int..
  • Combined Immunoterapi Untu..
  • Brachyterapi..
  • Photodynamic Terapi (PDT)..
  • Microwave Hiperthermia..
Dokter Lainnya
  • RS Khusus Kanker Nasional
  • Bersertifikasi Internasional JCI
  • Pusat Cryoablasi Kanker Asia- Pasifik
  • Pusat Medis, Institut Biomedis dan Kesehatan Guangzhou, Akademik Ilmu Pengetahuan di Tiongkok