whatsapp: +62851-0461-2299
close
Beranda / Cerita Pasien

"Satu jarum - mengurangi bilirubin" - drainase saluran empedu transhepatik perkutan (PTCD)

None

Date:2022-04-27Author:NoneFrom:#

 531Artikel 1 Foto 1.jpg

Dalam hidup, kita terkadang bertemu dengan orang yang seluruh badan kulitnya kuning, mereka adalah pasien penyakit kuning dengan kulit kuning dan mata kuning. Ikterus obstruktif adalah kondisi patologis dimana cairan empedu menumpuk di hati yang disebabkan terhambatnya ekskresi empedu karena berbagai alasan.

Secara klinis, sering dimanifestasikan sebagai kulit dan sklera kuning, urin kuning, pruritus, tinja putih, sebagian besar memburuk secara progresif, penurunan berat badan progresif, bahkan disertai infeksi menggigil, demam, sakit perut, dan bahkan gejala syok. Metode yang efektif untuk memperbaiki obstruksi bilier, sehingga penyakit kuning membaik, memulihkan fungsi hati, dan memperbaiki kondisi umum,  dapat memperpanjang masa kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

 WeChat Image_20220427154249.png

Dr.Liu Shupeng, dokter rawat rumah sakit kami, mengatakan bahwa drainase bilier transhepatik perkutan (PTCD) adalah salah satu program andalan rumah sakit kami, dengan dukungan USG Doppler warna, anestesi dan departemen lainnya. Dalam teknik ini, kateter ditempatkan di saluran empedu secara perkutan dan transhepatik di bawah teknik pencitraan, dan cairan empedu di drainase internal dan drainase eksternal. Sebagai operasi invasif minimal non-vaskular, PTCD dapat dengan cepat dan efektif memperbaiki  penyakit kuning, memperbaiki kondisi umum, dan juga dapat digunakan untuk pengobatan paliatif tumor ganas, persiapan praoperasi untuk penyakit kuning obstruktif parah, dll.

Kulit, selaput lendir dan sklera seluruh tubuh pasien berwarna kuning. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan yang dipadukan dengan gejala klinis, diagnosis klinis awal adalah kanker pankreas dengan metastasis hati, ikterus obstruktif, fungsi hati abnormal dan sebagainya. Setelah para ahli rumah sakit kami berdiskusi dan komunikasi dengan pasien dan keluarga mereka, operasi PTCD dilakukan untuk pasien untuk menghilangkan obstruksi bilier sesegera mungkin, dan pengobatan lebih lanjut dilakukan setelah fungsi hati membaik.

 WeChat Image_20220427154227.png

Prosedur

Setelah serangkaian pemeriksaan pra operasi yang cermat, penilaian jalur tusukan, rencana bedah terperinci dll dirumuskan. Dibawah penentuan posisi dengan bantuan ultrasound, Direktur Liang Bing dan Dr. Liu Shupeng dengan jarum tusukan khusus, dimasukan ke saluran empedu dan dengan kawat pemandu kateter dimasukan ke dalam saluran empedu. Dengan pemantauan DSA, kawat pemandu melewati situs obstruksi saluran empedu ke posisi yang ditentukan, kemudian kateter dimasukan, dan kemudian menyuntikkan zat kontras langsung ke dalam saluran empedu untuk memvisualisasikan dengan cepat saluran empedu intra dan ekstra-hepatik, dan pada saat yang sama, cairan empedu dialirkan melalui kateter. Cairan empedu yang stagnan dialirkan, setelah operasi indeks penyakit kuning pasien berkurang secara signifikan.

Indikasi PTCD

Obstruksi bilier ganas yang disebabkan oleh tumor ganas, drainase bilier paliatif;

Persiapan pra operasi untuk pasien dengan ikterus yang dalam (termasuk lesi jinak dan ganas);

Untuk infeksi saluran empedu akut, seperti kolangitis supuratif obstruktif akut, dekompresi saluran empedu darurat dan drainase harus dilakukan untuk mengubah operasi darurat menjadi operasi elektif;

Striktur bilier jinak, setelah perbaikan bilier berulang, rekonstruksi bilier dan striktur anastomosis bilier, dll.;

Kemoterapi, radioterapi, litolisis, pemeriksaan sitologi dan koledokoskopi serat optik perkutan dilakukan melalui selang drainase.

Saat ini, rumah sakit kami telah melakukan sejumlah diagnosis intervensi dan teknologi pengobatan. Selanjutnya, kami akan berusaha untuk memberikan solusi diagnosis dan pengobatan yang lebih akurat dan invasif minimal untuk terus memenuhi kebutuhan medis masyarakat.

WeChat Image_20220427154248.pngIMG_260

Dr.Liu Shupeng, Magister Onkologi, Mahasiswa PhD di Onkologi

Terlibat dalam klinis terapi tumor komprehensif selama 16 tahun, dengan teori yang solid dan kaya pengalaman klinis, terutama untuk tumor seperti kanker hati, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker kerongkongan, kanker payudara, kanker nasofaring, kanker prostat, kanker ovarium dan diagnosis tumor umum lainnya. Dr.Liu memiliki wawasan dan pengobatan yang unik, dan memiliki kemampuan tinggi untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai penyakit yang sulit disembuhkan; pada saat yang sama, kaya dengan pengalaman dalam ablasi tumor invasif minimal, seperti implantasi biji yodium, cryoablation, microwave ablation, radiofrequency ablation, dan nano-knife. , menerbitkan 10 makalah berbahasa Mandarin dan Inggris di jurnal terkenal dalam dan luar negeri, dan berpartisipasi dalam sejumlah proyek tingkat provinsi dan kota. 


  • Irreversible Electroporati..
  • Argon- Helium Cryoablasi..
  • Transarteri Kemoterapi Int..
  • Combined Immunoterapi Untu..
  • Brachyterapi..
  • Photodynamic Terapi (PDT)..
  • Microwave Hiperthermia..
Dokter Lainnya
  • RS Khusus Kanker Nasional
  • Bersertifikasi Internasional JCI
  • Pusat Cryoablasi Kanker Asia- Pasifik
  • Pusat Medis, Institut Biomedis dan Kesehatan Guangzhou, Akademik Ilmu Pengetahuan di Tiongkok