whatsapp: +62851-0461-2299
close
Beranda / Cerita Pasien

Nodul Kaca Paru Dapat Diobati Secara Akurat Dengan Cryoablasi

None

Date:2021-08-18Author:NoneFrom:#

WeChat Image_20210818142228.png


Kanker paru merupakan salah satu tumor ganas dengan angka kejadian yang tinggi, sehingga skrining dan pencegahan dini sangat penting. Dalam praktik klinis, CT scan digunakan untuk menentukan nodu/lesi paru pasien. Diantaranya, ground glass nodule (GGN) mengacu pada bayangan kabur seperti serpihan yang ditampilkan pada CT dada, seperti kaca buram, tekstur pembuluh darah dan bronkus dapat terlihat. Dibagi menjadi "Murni" dan "Campuran". "Campuran" disini berarti bahwa nodul paru-paru sebagian ground glass, dan bagian lainnya adalah nodul padat.


Nodul ground-glass paru ukuran besar tidak cocok untuk operasi, cryoablaasi adalah pilihan yang tepat.

 

Lebih dari 10 nodul di kedua paru-paru, menolak operasi


Mr.Gai, 70tahun, adalah seorang profesor universitas. Tiga tahun lalu, Mr.Gai menemukan beberapa benjolan di kedua paru-paru saat pemeriksaan fisik di rumah sakit setempat, nodul ini tidak menyebabkan sakit atau mempengaruhi kehidupan sehari-hari, sehingga tidak terlalu diperhatikan. Hingga tahun ini, CT dada menunjukkan pembesaran ground-glass nodules di kedua paru-paru, ada sekitar 10 nodul di kedua paru-paru, ukuran yang paling besar 4,4x4,3cm.


WeChat Image_20210818142238.png

Ground glass nodule paru paling besar diameter 4.4cm


Dokter setempat menyarankan Mr.Gai operasi, namun ia menolak karena takut,sehingga hanya terima pengobatan antiradang dan simtomatik, hasil pengobatan minimal. “Saat itu anak saya baru saja menjalani operasi otak, saat saya melihat hasil pemeriksaan suami saya, saya kaget dan tekanan darah saya langsung naik.”kata istri Mr.Gai. Mereka satu keluarga 3 orang, anak dirawat di rumah sakit , dan Mr.Gai sudah berumur, jika dilakukan operasi, untuk perawatan dan penyembuhan membutuhkan waktu, saya tidak bisa mengurus mereka berdua sendirian dalam waktu bersamaan.

 

Walaupun "tidak cukup tenaga", nodul paru-paru sebesar itu tidak boleh ditunda. Mr.Gai dan istri bergegas mencari rumah sakit di Jiangsu, Nanjing, dan tempat lain. Namun, epidemi mulai menyerang balik pada waktu itu. Hanya ada satu orang yang bisa menemani pasien rawat inap dan tidak boleh keluar masuk, hal ini membuat mereka  sedih. "Saya tahu persyaratan pengendalian epidemi, tetapi jika saya dan istri saya sama-sama di rumah sakit, tidak ada yang akan merawat anak kami."

 

Dalam kondisi tidak berdaya, mereka hanya bisa mulai mencari rumah sakit baru, terutama untuk perawatan minimal invasif dan reseksi non-bedah. Kebetulan, istri Mr.Gai mengetahui Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou dibidang teknologi invasif minimal dan beberapa kasus pengobatan nodul paru-paru dari internet. Setelah berkomunikasi dengan staf medis rumah sakit menjelaskan kondisi dan situasi keluarga, akhirnya satu keluarga tiga orang datang ke Fuda Guangzhou untuk berobat.

 

Cryoablation, luka minimal dan pemulihan cepat


Setelah dirawat di rumah sakit, dilakukan pemeriksaan yang relevan. CT dada menunjukkan bahwa paru-paru Mr.Gai memiliki beberapa nodul dan nodul ground-glass. Yang besar terletak di segmen dorsal lobus kanan bawah, dengan kisaran 4,4x3,1x 2,8 cm. Bayangan kepadatan padat terlihat, dan lobus yang berdekatan pleura meregang dan cekung. Dalam kondisi Mr. Gai ini, ahli medis rumah sakit kami, dengan persetujuan pasien dan anggota keluarga, merumuskan prosedur biopsi jarum perkutaneus tumor paru kanan + cryoablasi.


WeChat Image_20210818142241.png 

Jarum biopsi

 

Dokter Li Chunli dari Departemen Medis Lt.3 mengatakan pasien memiliki beberapa nodul paru, nodul ground-glass di paru-paru kanan mungkin kanker paru-paru stadium awal, jadi diobati lebih dahulu, sisa nodul kecil observasi.  Karena pasien sudah berumur dan menolak operasi, biopsi jarum dapat mengkonfirmasi diagnosis patologis; cryoablation dapat menonaktifkan tumor, dan luka kecil, ruang lingkup operasi terbatas pada lesi, dan jaringan normal yang berdekatan tidak rusak. Oleh karena itu, pemulihan pasca operasi lebih cepat, dan rasa sakit dan komplikasi lain seperti pendarahan terhindarkan.

WeChat Image_20210818142243.png 


Sesudah opname 2 hari, Dr. Niu Lizhi bertindak sebagai kepala ahli bedah Mr.Gai. Hasil operasi membuat Mr.Gai dan istrinya sangat puas. “Saya tidak menyangka efeknya begitu baik.” Mr.Gai mengatakan bahwa tidak ada komplikasi setelah pengobatan, dia bisa melakukan apa saja seperti makan, minum atau jalan, dan cepat segar kembali. Selama tindakan operasi, ia sadar dapat mengetahui dengan jelas langkah-langkah pengobatan dan tidak merasakan sakit atau ketidaknyamanan. “Hanya berbaring selama lebih dari setengah jam, operasi berakhir dengan lancar.” Yang membuat mereka lebih bahagia adalah bahwa patologi biopsi menunjukkan adenokarsinoma in situ, dan sel-sel kanker tumbuh di sepanjang dinding alveolar tanpa infiltrasi.

 

Karsinoma in situ bukan kanker


Dr. Niu Lizhi mengatakan kasus ini mungkin nodul ground-glass terbesar di dunia. Karsinoma in situ (AIS) bukanlah kanker. Pada bulan Maret tahun ini, WHO meluncurkan klasifikasi jaringan tumor paru 2021. Perubahan terbaru adalah bahwa adenokarsinoma in situ paru-paru, seperti hiperplasia adenomatosa atipikal, termasuk dalam kategori lesi prekursor kelenjar (juga disebut lesi preglandular). Yang mengacu pada tahap pertama transformasi jaringan normal menjadi sel tumor, ditandai dengan hiperplasia atipikal atau kanker pada lapisan sel epitel mukosa, tetapi membran basal utuh. Perubahan sitologi ini dapat terus berkembang, ketika sel menembus membran basal akan berkembang menjadi kanker mikro-invasif atau invasif.

 

Karsinoma in situ tumbuh lambat, sebagian besar dapat mempertahankan stabilitas selama lebih dari 10 tahun. Oleh karena itu, bagi penderita adenokarsinoma paru in situ, tindak lanjut pemeriksaan yang teratur diperlukan setelah penemuan awal, dan tidak boleh dianggap enteng, rencana tindak lanjut sesuai rekomendasi dokter. Setelah lesi ditemukan memiliki adenokarsinoma mikro-invasif atau invasif, mereka harus mencari perhatian medis tepat waktu.

fuda18_863336.png


Saat kondisinya berangsur-angsur membaik, pengobatan Mr.Gai juga berakhir. Istri Mr.Gai ini mengatakan bahwa mereka mendapat masukan yang banyak dalam pengobatan kali ini ,baik itu dokter medis di Lt.3 seperti Dr.Long, Dr. Li dan para perawat, juga efektifitas pengobatan, mereka merasakan tingginya teknologi medis dan kualitas layanan RS Fuda. Selanjutnya, Mr.Gai pulang untuk memulihkan diri dan melakukan tindak lanjut secara rutin, serta menunggu hasil review selanjutnya.

 

 


 


  • Irreversible Electroporati..
  • Argon- Helium Cryoablasi..
  • Transarteri Kemoterapi Int..
  • Combined Immunoterapi Untu..
  • Brachyterapi..
  • Photodynamic Terapi (PDT)..
  • Microwave Hiperthermia..
Dokter Lainnya
  • RS Khusus Kanker Nasional
  • Bersertifikasi Internasional JCI
  • Pusat Cryoablasi Kanker Asia- Pasifik
  • Pusat Medis, Institut Biomedis dan Kesehatan Guangzhou, Akademik Ilmu Pengetahuan di Tiongkok