whatsapp: +62851-0461-2299
close
Beranda / Cerita Pasien

Nodul Paru Jangan Cemas & Tidak Perlu Dioperasi!

None

Date:2021-08-06Author:NoneFrom:#

WeChat Image_20210806130117.jpg

Banyak orang yang terkaget- kaget saat melihat hasil pemeriksaan mereka. 

Jika melihat hasil yang  "+", maka mood mereka akan menjadi naik turun "", "" dan  mulai gugup

Jika ada "kista" atau "nodul" Kata ini sudah dianggap sebagai musuh didepan

 

Dengan perkembangan teknologi radiologi pada dada dan aplikasi luas peralatan radiologi lainnya seperti CT scan dengan kontras dosis rendah, semakin banyak nodul paru yang ditemukan. Pasien dengan "nodul paru", mereka khawatir, atau gelisah, kebanyakan nodul paru ditemukan saat pemeriksaan fisik, atau karena sesak dada atau batuk. Tidak ada masalah besar, tetapi setelah hasil CT keluar, masalah datang. Mana kalimat yang serius, itu yang menjadi beban dan pikiran bahkan tidah bisa kerja dan tidur. Beberapa pasien bahkan mengatakan sejak mereka menemukan nodul paru-paru, mereka depresi dan mulai mencari nasihat medis kemana-mana.

WeChat Image_20210806125817.png

"Nodul paru-paru" yang membuat orang cemas, telah diablasi

 

Pasien Mr.Zhang mulai mengalami sesak dada dan sesak napas 7 tahun yang lalu, gejala lebih jelas terutama setelah berolahraga, dan ditemukan bintik di lobus atas paru kiri. Karena gejala sesak dada dan sesak napas terus memburuk, Mr.Zhang menjadi gelisah dan khawatir, dan mulai menderita gangguan mental dan fisik. Sehingga dia harus memulai pengobatan anti-psikotik dan dan pemeriksaan rutin secara teratur.

 

Pada bulan Maret tahun ini, pemeriksaan ulang Zhang Shu menemukan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam metabolisme FDG (mengacu pada metabolisme glukosa) di bagian posterior apeks lobus atas kiri dari ground glass nodule (sekitar 0,5 cm). "Saya telah melakukan lebih dari 10 pemeriksaan CT selama tiga tahun." Mr.Zhang mengatakan bahwa meskipun dokter merekomendasikan pemeriksaan secara teratur dan dinamis, dia masih dalam keadaan cemas bahwa dia masih takut nodule berubah menjadi nodul paru ganas yang serius.

WeChat Image_20210806125947.png   WeChat Image_20210806125950.png

Untuk mencari diagnosis lebih lanjut, Mr.Zhang datang ke rumah sakit Fuda pada bulan Juli tahun ini. Pemeriksaan terkait Mr.Zhang menunjukkan ada beberapa nodul kecil dengan kepadatan sedikit lebih tinggi di kedua paru-paru, yang lebih besar terletak di segmen anterior lobus kiri atas, ukurannya sekitar 0,6x0,4cm, dan batasnya kabur.

 

Menurut penilaian para ahli dari tim dokter Lt.3 Fuda, nodul paru kiri kecenderungan meningkat dibandingkan sebelumnya, kemungkinan keganasan tidak terhindar. Setelah memdiskusikan Mr.Zhang dan keluarganya, memutuskan cryoablasi tumor nodular paru kiri, dan  pengobatan simtomatik dan suportif seperti anti-infeksi, ekskresi dahak, dan peningkatan mikrosirkulasi setelah operasi.

   WeChat Image_20210806125858.png

Proses Cryoablasi

Dr. Niu Lizhi mengatakan bahwa reseksi bedah masih menjadi pilihan pertama untuk sebagian besar nodul paru ganas. Dibandingkan dengan operasi, cryoablasi adalah tindakan minimal invasif,  ablasi hanya ditujukan untuk membunuh nodul paru, dan hampir tidak mempengaruhi fungsi paru normal. Sekali tindakan dapat mengobati beberapa lobus paru sekaligus. .

 

Pada saat yang sama, cryoablation dapat mengurangi risiko pneumotoraks dan perdarahan yang disebabkan oleh tusukan berulang. Ablasi lesi kecil akan menutupi nodele maksimal, menghindari torakotomi dan tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari pasien, dan dapat diteruskan dengan radioterapi dan / atau kemoterapi. Cryoablation adalah pilihan yang baik untuk pasien dengan fungsi paru-paru yang buruk, intoleransi terhadap bedah, beberapa nodul paru-paru yang tidak dapat diangkat dalam sekali operasi, bagi mereka yang cemas dan takut dengan operasi, ablasi merupakan pilihan yang tepat.

Mengenal nodul paru- paru, untuk menghindari pemeriksaan dan perawatan yang berlebihan. Nodul paru pada umumnya dapat dibagi menjadi 4 macam:

● Menghilang setelah pemeriksaan berikutnya: Beberapa nodul jinak dapat diserap dengan sendirinya;

Jangka panjang tidak berubah, nodul tetap stabil selama volume dan kepadatan tidak meningkat, tidak mengancam jiwa. 

● Berkembang pada pemeriksaan berikutnya, pengobatan diperlukan: kepadatan meningkat dan volume meningkat, dan pengobatan tepat waktu diperlukan saat ini. Semakin dini waktunya, semakin baik prognosisnya;

● Diabaikan, dan sejumlah kecil dari mereka berkembang menjadi kanker paru-paru.

Ketika menemukan nodul paru, kita bisa mengikuti langkah- langkah sebagai berikut:

1. Jangan panik; bintil di paru- paru belum tentu kanker paru. Sebagian besar bintil paru- paru berukuran kecil adalah bintil jinak. Kemungkinan kanker paru- paru sangat kecil, stress yang berlibahan dapat menurunkan imun dan berbahaya bagi tubuh. 

2. Temui spesialis; bawa data pencitraan rinci dan riwayat medis ke rumah sakit untuk pengamatan, dan dengarkan saran dan bimbingan dari spesialis.

3. Ikuti saran dokter; pengamatan dan follow up lanjutan ikutin standar, atau pengobatan lanjut, dapat secara signifikan mengurangi kesalahan diagnosis dan pengobatan, atau pembedahan dan pengobatan yang berlebihan. Begitu perubahan morfologis terjadi, seperti gerigi pada lobus marginal, kepadatan internal yang tidak merata, traksi pleura, pembesaran progresif, dan penetrasi pembuluh darah, perlu memberi perhatian penuh.

 

  • Irreversible Electroporati..
  • Argon- Helium Cryoablasi..
  • Transarteri Kemoterapi Int..
  • Combined Immunoterapi Untu..
  • Brachyterapi..
  • Photodynamic Terapi (PDT)..
  • Microwave Hiperthermia..
Dokter Lainnya
  • RS Khusus Kanker Nasional
  • Bersertifikasi Internasional JCI
  • Pusat Cryoablasi Kanker Asia- Pasifik
  • Pusat Medis, Institut Biomedis dan Kesehatan Guangzhou, Akademik Ilmu Pengetahuan di Tiongkok