whatsapp: +62851-0461-2299
close
Beranda / Berita

Kejutan khusus pada Hari Perawat Internasional-Lukisan yang dibuat oleh pasien berusia 13 tahun.

None

Date:2022-05-20Author:NoneFrom:#

s1 - Copy.png

INTERNATIONAL NURSES' DAY

Tanggal 12 Mei adalah "Hari Perawat Internasional", sebuah perayaan yang umum bagi perawat di seluruh dunia. Pada hari istimewa ini, kepala perawat Hu Fengqiong dan suster perawat di bangsal-5 Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou menerima kejuatan istimewa dari pasien Wang Qi (nama samaran). Lukisan warna warni dengan bunga dan tanaman mengelilingi malaikat berbaju putih, melihat gambar ini seperti angin adem di musim panas yang menyejukkan hati para perawat, hadiah yang terbaik untuk perawat.

 fuda20_182585.png

Wang Qi, berusia 13 tahun, telah menjalani 3 kali reseksi hati dalam 3 tahun terakhir. Pada tahun 2019, Wang Qi karena sakit perut bagian atas, pergi ke rumah sakit setempat dan ditemukan nodule di liver. Dia menjalani reseksi tumor liver atas saran dokter. Indikasi patologis pasca operasi adalah: sarkoma hati yang tidak berdiferensiasi.

 

Apa itu sarkoma hati yang tidak berdiferensiasi? Sarkoma hati yang tidak berdiferensiasi juga disebut "sarkoma primer", "sarkoma embrionik", "tumor mesenkim ganas", "sarkoma mesenkim", "sarkoma fibromiksous". Saat ini, etiologi penyakit ini tidak jelas, dan cukup langka. Biasanya terjadi pada remaja dan anak-anak. Gejala pertama adalah massa epigastrium, nyeri epigastrium, dan penurunan berat badan. Merupakan tumor ganas liver ke-3 yang umum ditemukan pada anak-anak. Diagnosis tergantung pada biopsi dan laparotomi eksplorasi, dan pengobatannya terutama reseksi bedah, dilengkapi dengan kemoterapi.

fuda20_145712.png 

Sarkoma perut pasca operasi bertumbuh cepat

 

Kondisi tumor Wang Qi kambuh setelah operasi, dan dia menjalani dua reseksi lagi. Pada bulan April tahun ini, ditemukan massa baru di diafragma dan rongga perut kanan, dengan ukuran masing-masing 6,4x4,0 cm dan 11,3x7,7 cm pasca operasi pada lobus kiri hat yang dicurigai kemungkinan kekambuhan dan metastasis. Untuk diagnosis dan perawatan lebih lanjut, mama Wang Qi mencari rumah sakit dengan berbagai cara, dan akhirnya mengetahui Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou dari internet dan datang ke rumah sakit untuk perawatan.

 fuda20_309821.png

Setelah saya mengetahuinya dari online, berkomunikasi dengan staf medis dan datang. Setelah dirawat di rumah sakit, Wang Qi menyelesaikan pemeriksaan yang relevan. Sarkoma tidak berdiferensiasi liver kambuh setelah pengobatan komprehensif, pemeriksaan CT menunjukkan beberapa kekambuhan dan metastasis, dan ukurannnya besar, sehingga tidak cocok untuk operasi terbuka lagi. Sesuai dengan kondisi spesifik dan kondisi fisiknya, dokter Feng Xilin membuat rencana pengobatan kemoterapi intervensi yang dikombinasikan dengan cryoablasi.

Tiga hari setelah opname, Zhou Qiang, wakil kepala dokter dari Departemen Intervensi, di bawah bimbingan DSA, melakukan kemoterapi perfusi untuk Wang Qi,  obat kemoterapi melalui kateter disuntikan ke dalam arteri yang menyuplai darah tumor, diharapkan konsentrasi obat tinggi di tumor sehingga mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Respon tumor, menciptakan kondisi untuk pengobatan selanjutnya.

 s5 - Copy.png

Sesudah tindakan intervensi, indikator medis Wang Qi semua aspek baik, 8 hari berikutnya, direktur rumah sakit kami Niu Lizhi melakukan cryoablasi tumor hati dan perut kanan untuk mengontrol tumor secara lokal. Di bawah bimbingan CT dan ultrasound, tumor di hati dan rongga perut kanan area target tusukan, pisau ablasi ditusuk dengan target ablasi tumor. Setelah bola es menutupi area target selama 10 mnt, suhu dinaikan dan dibekukan lagi 10 mnt, total 2 siklus. Pisau ablasi ditarik sesudah bola es menutupi area tumor yang ditargetkan, luka hanya sebatas titik tusukan.

 fuda20_500908.png

Operasi cryoablasi(kiri) Tumor mati sesudah dicryokanan)                    

Dibandingkan dengan operasi reseksi sebelumnya, pemulihan setelah cryoablasi lebih cepat, luka kecil, dan rasa sakitnya lebih sedikit. Mama Wang Qi mengatakan bahwa anak itu baru berusia 13 tahun, dan tubuhnya juga tidak tahan dengan banyak operasi. Dia datang ke Rumah Sakit Kanker Fuda Guangzhou sudah hampir setengah bulan. Putrinya menerima pengobatan dan perawatan kelas satu. Perawat-perawat ini sibuk bolak-balik, datang dan pergi terburu-buru, tetapi mereka selalu membantu pasien dan keluarganya dengan suara lembut, sabar dan semangat dalam membantu. Dari sebelum opname hingga sekarang para perawat bertanggung jawab dan penuh perhatian. Mama Wang Qi berkata bahwa putrinya suka menggambar dan juga bertanggung jawab kolom seni di sekolah. Kebetulan ini  Hari Perawat, Wang Qi menggambar mengucapkan terima kasih, pujian kepada perawat.

fuda20_859697.png 

Staf medis mengatakan: "Pasien mempercayai kami, sudah semestinya kami merawat mereka secara komprehensif. Saat saya menerima lukisan tangan ini, saya masih sangat senang. Perawat adalah profesi yang membutuhkan dedikasi, ada pengorbanan dan suka duka. Tentu saja, kasih yang kami berikan akan dibalas kembali. Umpan balik semacam ini adalah pengakuan atas upaya kami dan membuat kami bangga dan merasa bahwa itu semua berharga. Kami akan terus menggunakan kasih untuk merawat setiap pasien kami.

 

 


  • RS Khusus Kanker Nasional
  • Bersertifikasi Internasional JCI
  • Pusat Cryoablasi Kanker Asia- Pasifik
  • Pusat Medis, Institut Biomedis dan Kesehatan Guangzhou, Akademik Ilmu Pengetahuan di Tiongkok